TVXQ

Cassiopeia

Gambar

Gambar

Singkatan Cas
Genitif Cassiopeiae
Simbolisme Ratu
Asensio rekta 1′
Deklinasi 60°
Luas area 598 derajat persegi (ke-25)
Bintang paling terang Shedir/Shedar (2.23m)
Hujan meteor Perseids
Rasi yang berbatasan Camelopardalis
Cepheus
Lacerta
Andromeda
Perseus
Dapat dilihat antara 90° LU dan 20° LS.
Tampak paling jelas pada pukul 21.00 selama bulan November.

Rasi (konstelasi) bintang adalah kelompok bintang yang membentuk pola tertentu dan sudah mulai diidentifikasi oleh orang-orang dari peradaban kuno. Pada masa modern, berbagai rasi bintang ini berguna untuk memetakan langit. Sama seperti daratan perlu dipetakan, langit juga harus dipetakan dengan bantuan 88 rasi bintang yang diakui oleh International Astronomical Union.

Cassiopeia adalah suatu rasi bintang di belahan utara yang melambangkan ratu legenda dari Ethiopia, Cassiopeia, yang merupakan istri dari Cepheus dan ibu dari Andromeda. Rasi ini adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga satu dari 48 yang didaftar oleh Ptolemy.

Rasi Cassiopeia biasanya terlihat di langit utara dan mudah diidentifikasi karena bentuknya yang mirip huruf “W”. Merupakan bagian dari keluarga rasi Perseus, rasi ini terlihat hampir sepanjang tahun terutama oleh orang-orang di belahan bumi utara. Namun, rasi Cassiopeia paling jelas terlihat pada bulan November. Daerah di rasi Cassiopeia berlimpah dengan emisi nebula, berbagai gugus bintang, bahkan sisa-sisa supernova. Rasi ini diidentifikasi pada abad ke-2 oleh astronom Yunani, Claudius Ptolemaeus yang juga dikenal sebagai Ptolemy. Rasi Cassiopeia dikelilingi oleh rasi Andromeda di selatan, rasi Cepheus di utara, dan rasi Perseus di tenggara.

Nama Cassiopeia diambil dari nama seorang ratu dari mitologi Yunani Kuno. Cassiopeia adalah seorang ratu yang menyombongkan kecantikannya dan kecantikan putrinya, Andromeda, melebihi siapapun. Kesombongan ini lantas memicu murka dewa laut Poseidon. Dia mengirim banjir dan raksasa laut yang disebut Cetus untuk menghancurkan Ethiopia. Cassiopeia dan suaminya Cepheus meminta seorang peramal untuk membantunya. Sang peramal mengatakan bahwa mereka harus mengorbankan putri mereka sehingga Andromeda dirantai ke batu. Seorang pahlawan yang disebut Perseus datang dan menyelamatkan Andromeda. Kemudian mereka menikah. Poseidon masih marah dengan Cassiopeia dan menghukumnya sebagai kanstelasi bintang di langit. Cassiopeia berada di antara para bintang akibat hukuman dari para dewa. Rasi ini dilambangkan dalam bentuk seorang ratu yang sedang duduk di singgasana.

Gambar

Sisa Supernova & Benda Angkasa Lain

Wilayah rasi Cassiopeia juga mencakup sisa supernova (ledakan bintang) yang memancarkan gelombang radio kuat. Sisa Supernova ini dikenal sebagai Cassiopeia A (RA 23h 23m 26s / Dec +58 ° 48 ‘) yang teramati meledak dari bumi sekitar 300 tahun lalu. Sisa Supernova lain yang terlihat di rasi ini adalah SN 1.572 (Supernova Tycho) yang meledak pada bulan November 1572. Benda angkasa lain yang terlihat di rasi ini adalah galaksi IC 10 yang ditemukan oleh astronom Amerika Lewis Swift pada tahun 1887. Dua gugus bintang terbuka yang terlihat di rasi Cassiopeia ini adalah M52 dan M103.

Bintang-bintang terang di Konstelasi Cassiopeia:

1. Alpha Cassiopeiae (Shedir)

Alpha Cassiopeiae (α Cas / α Cassiopeiae ) merupakan bintang tercerah kedua di rasi Cassiopeia. Bintang ini memiliki magnitude 2.24 dan berjarak 228 tahun cahaya dari Bumi.

Alpha Cassiopeiae merupakan bintang dengan tipe K berwarna jingga dan berukuran raksasa (orange giant). Bintang ini lebih cerah daripada Matahari, tetapi lebih dingin daripada Matahari.

Alpha Cassiopeiae memiliki nama tradisional yang disebut “Shedir” dan merupakan bintang ganda. Bintang ini memiliki massa 4-5 kali Matahari. Kecerahan 676 kali dari Matahari dan suhu permukaan 4.530 K. Bintang ini juga memiliki radius (jari-jari) 42 kali dari Matahari.

2. Beta Cassiopeiae (Caph)

Beta Cassiopeiae (β Cas / β Cassiopeiae) merupakan bintang dari variabel Delta Scuti rasi Cassiopeia. β Cassiopeiae adalah bintang raksasa berwarna kuning keputihan bertipe F (yellow-white F-type giant) dengan magnitudo +2.28 dan berjarak 54 tahun cahaya.

Bintang ini memiliki suhu permukaan sekitar 6700 K dan massa 2 kali dari massa Matahari. Bintang ini juga mempunyai kecerahan 28 kali dari Matahari serta memiliki radius 4 kali dari jari-jari Matahari.

Bintang ini memiliki nama tradisional Caph, berasal dari bahasa Arab كف kaf, “palem“. Bintang ini juga dikenal dengan nama as al-Sanam al-Nakah, berasal dari bahasa Arab yang berarti “punuk unta”.

3. Delta Cassiopeiae (Ruchbah)

Delta Cassiopeiae (δ Cas / δ Cassiopeiae) adalah salah satu bintang di rasi Cassiopeia. Delta Cassiopeiae merupakan bintang biner gerhana yang terdiri dari sepasang bintang yang mengorbit satu sama lain dengan periode orbit 759 hari. Bintang ini memilikki magnitudo sekitar +2.68 – +2.74.

Bintang ini termasuk tipe A5III-IVv yang sekarang sedang berkembang menjadi bintang raksasa. Suhu di permukaannya sekitar 8.400 K dan memiliki kecerahan 63 kali dari Matahari. Bintang ini juga memiliki massa 2,5 kali dari Matahari dan radius 3,90 kali jari-jari matahari serta berjarak sekitar 99 tahun cahaya dari Bumi.

Ruchbah adalah nama tradisional dari bintang ini, berasal dari bahasa Arab ركبة rukbah yang berarti “lutut“, merefleksikan posisi bintang ini pada lutut sang ratu. Kadang-kadang bintang ini disebut juga dengan nama Ksora.

4. Epsilon Cassiopeiae (Segin)

Epsilon Cassiopeiae (ε Cas / ε Cassiopeiae) adalah salah satu bintang di rasi Cassiopeia. Epsilon Cassiopeia adalah bintang raksasa tipe B berwarna biru keputihan (blue-white B-type giant).

Bintang ini memiliki magnitudo 3,4 dan merupakan salah satu bintang tercerah di konstelasi Cassiopeia. Suhu permukaannya sekitar 15.174 K dan memiliki massa 9.2 dari massa Matahari serta kecerahan 2.500 kali lebih cerah dari Matahari. Bintang ini juga memiliki radius 6 kali dari Matahari dan jarak 430 tahun cahaya dari Bumi.

Segin adalah nama tradisional dari bintang ini. NASA juga memberikan nama tradisional kepada bintang ini, yaitu Navi. Nama ini adalah nama kebalikan dari seorang astronot AS, Virgil Ivan “Gus” Grissom, satu dari tiga astronot yang meninggal di insiden Apollo 11.

5. Eta Cassiopeiae (Achird)

Eta Cassiopeiae (η Cas / η Cassiopeiae) merupakan bintang ganda yang berada di rasi Cassiopeia. Bintang utama pada sistem η Cassiopeiae adalah bintang katai kuning (yellow dwarf main sequence) dengan tipe G0V, hampir sama dengan tipe dari Matahari. Bintang ini memiliki magnitudo 3.46. Komponen lainnya adalah bintang dengan magnitudo 7.51 adalah jenis bintang katai berwarna jingga dengan tipe K7V.

Eta Cassiopeiae mirip Matahari dengan suhu permukaan 6.087 K dan memiliki massa 0,95 dari massa Matahari. Bintang ini juga mempunyai radius 0,66 dari jari-jari Matahari dan kecerahan 0,06 dari matahari dan berjarak sekitar 19 tahun cahaya dari Bumi. Kadang-kadang, bintang ini disebut dengan nama tradisionalnya, yaitu Achird. Nama ini berasal dari bahasa Latin yang berarti “korset“.

6. Gamma Cassiopeiae (Tsih)

http://astronesia.blogspot.com/

Gamma Cassiopeiae (γ Cas / γ Cassiopeiae) merupakan bintang yang memiliki magnitudo yang berubah antara 2.20 dan 3.40. Bintang ini bermangitudo 2.2 pada tahun 1937, 3.4 pada tahun 1940, +2.9 pada tahun 1949, +2.7 pada tahun 1965 dan sekarang sebesar +2.15. Bintang ini berputar sangat cepat.

Gamma Cassiopeiae merupakan bintang ganda dengan periode orbit 204 hari. Spektrum bintang raksasa ini masuk kedalam tipe B0.5 IVe. Gamma Cassiopeiae memiliki massa sekitar 19,3 kali dari massa Matahari dan suhu permukaan sekitar 30.900K. Bintang ini juga memiliki kecerahan 55.000 kali lebih terang dari Matahari dan mempunyai radius 10 kali jari-jari Matahari. Gamma Cassiopeiae memiliki jarak sekitar 550 tahun cahaya.

Bintang ini tidak memiliki nama tradisional dalam bahasa Arab, Latin, maupun Yunani seperti bintang yang cemerlang lainnya. Dalam bahasa China, bintang ini sering disebut dengan nama Tsih, yang berarti “(satu bintang di asterisme) Cambuk”. Nama kebalikan dari astronot Amerika, Virgil Ivan “Gus” Grissom (Navi) juga dirujukkan kepada bintang ini.

7. Iota Cassiopeiae

http://astronesia.blogspot.com/

Iota Cassiopeiae (ι Cas, ι Cassiopeiae) adalah sistem bintang tiga di konstelasi Cassiopeia dan berjarak sekitar 141,6 tahun cahaya dari Bumi. Bintang primernya berwarna putih dengan magnitudo 4,5. Sedangkan bintang sekundernya merupakan bintang berwarna kuning dengan mag. 6,9 dan bintang tersiernya memiliki mag. 8,4. Bintang primer dan sekunder berdekatan tapi bintang primer dan tersier sangat berjauhan.

8. Psi Cassiopeiae

http://astronesia.blogspot.com/

Psi Cassiopeiae (ψ Cas, ψ Cassiopeiae) adalah sistim bintang tiga di konstelasi Cassiopeia. Bintang utamanya adalah raksasa jingga yang memiliki mag. 4,7. Bintang ini berjarak sekitar 193 tahun cahaya dari Bumi.

9. Rho Cassiopeiae

http://astronesia.blogspot.com/

Rho Cassiopeiae (/ ˌ ː roʊ kæsiəpi i ː /,. Cas ρ, ρ Cassiopeiae) adalah bintang maha raksasa berwarna kuning di konstelasi Cassiopeia. Bintang ini memiliki mag. minimal sebesar 6,2 dan magnitudo maksimum 4,1.

Bintang ini memiliki kecerahan 500.000 kali dari Matahari dan massa sekitar 14-30 kali massa matahari. Rho juga mempunyai radius 400-500 kali ukuran Matahari dan suhu permukaan sekitar 7200K. Jarak bintang ini sekitar 8.200 tahun cahaya dari Bumi.

10. Sigma Cassiopeiae

http://astronesia.blogspot.com/

Sigma Cassiopeiae (σ Cas, σ Cassiopeiae) adalah bintang biner di konstelasi Cassiopeia. Bintang ini memiliki jarak sekitar 1.520 tahun cahaya dari Bumi dan mempunyai magnitudo gabungan sekitar 4,88.

Komponen utamanya, σ Cassiopeiae A, adalah bintang raksasa biru-putih tipe-B dengan magnitudo 5,0. Sedangkan pendampingnya adalah bintang kerdil dengan mag.7,1.

Hujan Meteor di Konstelasi Cassiopeia

Hujan meteor Phi Cassiopeiids merupakan hujan meteor yang akan terlihat pada awal bulan Desember yang terpancar dari Cassiopeia. Meteor Phi Cassiopeiids sangat lambat, dengan kecepatan masuknya sekitar 16,7 kilometer per detik. Hujan meteor ini berasal dari keluarga komet Jupiter,meskipun identitas yang spesifiknya tidak diketahui.

Dalam Budaya Populer

Cassiopeia juga dikenal sebagai Fandom boyband terkenal Korea TVXQ/DBSK yang terbentuk pada 23 April 2006. Nama ini diberikan oleh salah satu personilnya, Shim Changmin. Dan di Jepang, fanbase boyband ini mempunyai julukan sendiri yaitu Big East. Penamaan Cassiopeia sebagai nama fans bukanlah sembarang. Hal ini dikarenakan arti dari nama internasional untuk DBSK adalah TVfXQ yang jika ditulis menggunakan keyboard komputer akan membentuk seperti huruf “W” seperti rasi bintang Cassiopeia. Rasi bintang Cassiopeia  juga memiliki 5 bintang yang mewakili tiap member TVXQ yang berjumlah 5 orang. Oleh karena itu, dipilihlah nama Cassiopeia sebagai nama Fandom TVXQ.

Cassiopeia adalah fansclub terbesar dunia dan terbesar di Korea dengan lebih dari 800.000 anggota yang telah tercatat di Guinness World Records pada 2008. Para fans ini selalu datang ke konser mereka, memberikan hadiah kepada personil ketika berulang tahun, dan selalu menggunakan atribut warna merah sebagai identitasnya.

Tak hanya itu, para fans ini membentuk klub VIEW (Volunteer In Everlasting Wcassiopeia) yang bertugas untuk membantu orang-orang miskin. Mereka akan sukarela membantu orang sakit, korban bencana. Anggota ‘ONE‘ Penggemar Yunho di Jepang, melalui fanblog menyumbangkan hampir $20.000 untuk sebuah asosiasi kesejahteraan sosial di kota kelahirannya Gwangju, saat merayakan ulang tahun ke-27nya.

Penggemarnya di China juga merelakan waktu mereka untuk berbagi dengan orang-orang yang kurang beruntung. Dan mereka menyumbangkan uang yang cukup untuk mendukung hidup gadis muda dalam situasi yang sulit di Cina sehingga ia dapat hidup nyaman selama satu tahun penuh.

Pada 2012, penggemar Yunho membangun perpustakaan dalam namanya. Perpustakaan itu dibuka pada tanggal 24 Maret dan terletak di lantai dua sekolah dasar Chungam. Dan perpustakaan yang diberikan kepada siswa itu, telah dilengkapi dengan buku, rak buku, meja, alat tulis, dan banyak lagi.

Tak hanya itu mereka juga membuat sebuah perpustakaan plus sudah tersedia 1.688 buku. Pada tanggal 14 dan 21 April  2012, Cassiopeia Filipina secara sukarela menjadi relawan dan menyumbangkan sejumlah uang pada badan The Philippine Animal Welfare Society.

TVXQ dan W

Jika melihat huruf T,V,f,X,Q di keyboard, maka akan terlihat seperti membentuk huruf “W”. Nama Cassiopeia dipilih oleh Changmin karena bentuk rasi ini berbentuk seperti huruf “W”. Dan rasi bintang Cassiopeia ini dibentuk oleh 5 bintang yang bersinar, seperti halnya Cassiopeia “W” merepresentasikan 5 personil yang ada dalam TVXQ.

“W” dalam Cassiopeia menyimbolkan untuk selalu berharap, seperti ; Always Keep The Faith, Forever Believe, Nothing is Impossible for TVXQ, Thank You for Waiting, dll. Cerita dibalik Cassiopeia dan TVXQ selalu mempunyai banyak arti dan makna untuk di simpulkan. ^^

Source: Wikipedia, amazine.co , mypopzone.com , astronesia.blogspot.com , nadzuke.wordpress.com

Shared by: cutiekyubi.wordpress.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s